Sabtu, 23 Juli 2011

Contoh Abstrak dan Kata Pengantar dalam PKM (Program Kreativitas Mahasiswa)

ABSTRAK

Cerpen merupakan bacaan ringan yang selesai dibaca sekali duduk. Membaca cerpen tidak perlu membutuhkan pemikiran yang memeras otak. Karena cerpen sangat mudah untuk dipahami. Sementara majalah cerpen adalah wadah untuk mengemas cerpen menjadi sesuatu yang lebih menarik.
Pelatihan kepenulisan dan pembuatan majalah cerpen sanggat cocok untuk diterapkan sejak dini, yaitu ketika masa-masa SMP. Karena pada tahap ini manusia mengalami masa transisi. Yaitu perpindahan antara masa kanak-kanak menjadi remaja. Sekolah pinggiran seyogyannya mendapat perhatian lebih dari instansi pendidikan maupun masyarakat. Oleh karena itu objek pelatihan dilaksanakan di sekolah yang meiliki siswa-siswi berpotensi, tetapi kurang mendapatkan perhatian.
Dalam pelaksanaannya, metode pelatihan kepenulisan dan pembuatan majalah cerpen merupakan upaya pembelajaran sastra efektif. Hal ini disebabkan dengan banyaknya praktek yang dilakukan ketika proses pelatihan. Ditambah lagi dengan adanya pemateri yang berkompeten, metode pembelajaran berbasis games, dan pengawasan yang disiplin. Hal ini semakin mengukuhkan efekifitas pembelajaran sastra.
Respon positif diberikan oleh pihak sekolah, mulai dari kepala sekolah sampai guru bahasa Indonesia. Pelatihan ini menjadikan siswa-siswai MTs Sunan kalijaga bisa membuat cerpen yang baik dan benar. Mereka juga mampu memahami bagaimana cara mengemas cerpen dalam majalah. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, MTs Sunan kalijogo yang notabene adalah MTs pinggiran bisa menjadi sekolah yang mempunyai nilai lebih dalah hal kepenulisan sastra.

Kata Kunci : Cerpen, Majalah Cerpen, Pelatihan kepenulisan







KATA PENGANTAR

Alhamdulillah kami panjatkan syukur kehadirat Allah SWT. Karena atas berkah, rahmat dan ijin Nya kami bisa menyelesaikan laporan akhir program pengabdian masyarakat yang berjudul Pelatihan Kepenulisan dan Pembuatan Majalah Cerpen di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijaga sebagai Upaya Pembelajaran Sastra Efektif.
Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada pihak – pihak yang telah membantu terselesaikannya karya kami ini :
1. Yusri Fajar, M.A
2. Nur Asiyah Latifui, S.E
3. Guru Bahasa Indonesia MTs Sunan Kalijaga
4. Serta semua pihak yang turut membantu terselesaikannya karya ilmiah ini yang tidak dapat kami sebutkan satu – persatu.
Laporan akhir ini disusun untuk mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen DIKTI) Jakarta tahun 2010-2011
Kami selaku pelaksana program sadar bahwa tiada sesuatu yang sempurna di dunia ini, begitu pun laporan akhir yang telah kami buat, baik dalam hal isi maupun penulisannya. Kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat kami harapkan demi kesempurnaan penelitian dan proposal kami selanjutnya. Terakhir, kami berharap agar hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi peneliti khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Malang, 26 Mei 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar